SANTRI

Media santri dan pesantren

Beragama dan Berbudaya

Sabtu, 17 Juni 2017

CSSMoRA Deklarasikan Setia Pancasila Usai Muspimnas

Posted by   on Pinterest




CSSMoRA (Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs) merupakan organisasi para santri penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementrian Agama Republik Indonesia. Sebagai organisasi para santri, CSSMoRA berkomitmen menjaga Pancasila dan NKRI. Oleh karena itu, selepas melaksanakan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) yang dilaksanakan pada 9-11 Juni 2017 di Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, Jawa Timur, CSSMoRA mendeklarasikan setia Pancasila.

Deklarasi Setia Pancasila tersebut dibacakan oleh Ketua Umum CSSMoRA Nasional, Annas Rolli Muchlisin, dan diikuti oleh para Ketua CSSMoRA Perguruan Tinggi, Badan Pengurus Harian dan Koordinator Departemen CSSMoRA Nasional, serta perwakilan BSO Santri. 

“Deklarasi ini penting dilakukan untuk meneguhkan kembali kesetiaan para santri terhadap Pancasila sebagaimana telah dicontohkan oleh para kiai kita, khususnya saat ini di tengah gelombang gerakan dan kelompok yang bernafsu mengganti Pancasila”, tegas Annas. 
Berikut ini adalah teks Deklarasi Setia Pancasila CSSMoRA. 

Deklarasi Setia Pancasila

Berangkat dari komitmen bersama akan pentingnya upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah kemajemukan dan mempertahankan ideologi bangsa dari segala macam bentuk ancaman dengan senantiasa berpijak pada tradisi Islam kepesantrenan dan sejarah konsensus para pendiri bangsa.
Maka pada hari ini, Ahad 11 Juni 2017 di Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, CSSMoRA (Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs) dengan ini mendeklarasikan bahwa:
1. CSSMoRA menjunjung tinggi dan menyatakan kesetiaan terhadap Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.
2. CSSMoRA menolak segala bentuk gerakan dan kelompok yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain.
3. CSSMoRA menolak segala bentuk penyebaran berita yang belum jelas kebenarannya (hoax) dan menghidupkan budaya klarifikasi.
4. CSSMoRA meneguhkan Islam rahmatan lil ‘alamin.

Oleh : Annas Rolli Muchlisin Ketua CSSMoRA Nasional 2017-2018 Mahasiswa PBSB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2014

Dari Santri, Untuk Negeri - CSSMoRA
Ikuti Kami